Inilah Cara Mengubah Kepribadian Negatif Anda

Inilah Cara Mengubah Kepribadian Negatif Anda
Ilustrasi mengubah kepribadian negatif menjadi positif. Foto: Hipwee

jpnn.com - Kepribadian negatif ternyata bisa diubah. Orang-orang selalu mengatakan bahwa mengenali masalah adalah langkah pertama untuk berubah, termasuk mengubah kepribadian Anda.

Tetapi tidak ada yang memberi tahu Anda langkah keduanya. Jadi kita semua akhirnya berpikir bahwa semua yang perlu kita lakukan untuk menyelesaikan masalah dengan mengakui masalahnya.

Kini, sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology mengklaim bahwa jika Anda mencoba, Anda bisa pada kenyataannya, membuat perubahan yang berarti.

Para peneliti meminta 377 mahasiswa psikologi untuk menentukan mana dari Lima Kepribadian Besar — yang mencakup Keterbukaan, Kesadaran, Ekstraversi, Agreeableness dan Neuroticism, yang ingin mereka ubah.

Sebagian besar memilih dua sifat dan mayoritas ingin menurunkan Neuroticism mereka dan meningkatkan Extraversion mereka.

Pada awal studi 15 minggu, para siswa menyelesaikan tes kepribadian 60-item dan memilih maksimal empat tantangan yang diajukan oleh ahli kepribadian untuk membantu mereka mencapai tujuan mereka.

Misalnya, mereka yang ingin menjadi lebih terbuka diminta untuk melakukan sesuatu yang relatif mudah, seperti menyapa kasir hingga sesuatu yang sangat sulit, seperti menjadi sukarelawan untuk peran kepemimpinan.

Seseorang yang ingin lebih terbuka diminta untuk melakukan sesuatu semudah membaca berita tentang negara asing atau sesulit mencoba memahami perspektif seseorang yang memiliki pendapat yang sangat berbeda.

Kepribadian negatif ternyata bisa diubah. Orang-orang selalu mengatakan bahwa mengenali masalah adalah langkah pertama untuk berubah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News