Inilah Fakta Sejarah Sejak Kapan Bali jadi Tujuan Wisata

Inilah Fakta Sejarah Sejak Kapan Bali jadi Tujuan Wisata
Suasana di pekarangan Hotel Bali, 1935. Foto: Dok. KITLV.

jpnn.com - HOTEL Bali, Denpasar dibangun oleh Koninklijke Paketcart Maatsckapy (KPM) atau Maskapai Pelayaran Kerajaan Belanda pada 1928.

Hotel yang didirikan di bekas lokasi Puputan Badung 1906 ini dibangun untuk melayani tingginya kunjungan wisata ke pulau Bali. 

KPM membuka pelayaran mingguan ke Bali sejak mulai 1924 setelah sebelumnya membangun infrastruktur perhubungan di Bali pada 1917. 

Sejak itu, wisatawan mulai berdatangan ke Bali. Rute pelayaran dari Singapura, Batavia, Semarang, Surabaya, Buleleng (pelabuhan Singaraja), dan baru kemudian ke Makassar, dikenal sebagai jalur Bali Express. 

Merujuk data pertama yang dikeluarkan Official Tourist Bureau, sebanyak 213 pelancong datang ke Bali pada 1924. 

Dua tahun kemudian, majalah Tourism in Netherlands East Indies, 8 Februari 1927, melansir wisatawan yang berkunjung ke Bali sebanyak 480 orang. 

Merespons meningkatnya kunjungan wisatawan, KPM mendirikan Hotel Bali. Hotel ini saksi bisu perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Di tempat inilah digelar Konferensi Denpasar 1946 yang melahirkan Negara Indonesia Timur. (wow/jpnn)

 

HOTEL Bali, Denpasar dibangun oleh Koninklijke Paketcart Maatsckapy (KPM) atau Maskapai Pelayaran Kerajaan Belanda pada 1928. Hotel yang didirikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News