Sabtu, 23 Maret 2019 – 09:27 WIB

Inilah Gereja Katedral Santo Yoseph, Terbesar di Asia Tenggara

Sabtu, 09 Maret 2019 – 10:00 WIB
Inilah Gereja Katedral Santo Yoseph, Terbesar di Asia Tenggara - JPNN.COM

jpnn.com - PERNAH dengar nama gereja katedral yang terbesar di Asia Tenggara? Gereja terbesar itu ada di Pontianak, Kalimantan Barat. Yaitu Gereja Santo Yoseph yang berada di Keuskupan Agung Pontianak.

Gereja yang didirikan sejak 1908 ini terletak di  Jalan Patimura No. 195 ,Darat Sekip Pontianak Kota, Pontianak, Kalimantan Barat. Bagi solo traveler yang ingin berkunjung, bisa menggunakan layanan ojek online untuk mengantarkan langsung ke gereja yang berada di tengah kota tersebut. 

Tak sulit kok untuk menuju ke gereja katedral tersebut. Bisa juga dengan menumpang angkutan umum yang berseliweran di depan gereja tersebut. Hitung-hitung bisa berwisata rohani sambil menikmati keramaian di Kota Pontianak ini.

BACA JUGA : Hormati Lebaran, Gereja Katedral Lakukan Hal Ini

Berdasarkan data berbagai sumber, pembangunan katedral yang memiliki sekitar 1.700 umat itu dimulai sejak 1908 silam oleh Prefek Apostolik Dutch Borneo Mgr. Pacificus Bos, OFMCap. Jumlah itu tercatat pada 2013 lalu. Tentu saja jumlah umat Katolik akan terus bertambah di gereja tersebut.

Itu dilakukan setelah pembelian tanah untuk membangun gereja, pastoran, rumah yatim-piatu, sekolah, pemakaman, dan susteran.

Kemudian gereja tersebut diberkati pada 9 Desember 1909, sekaligus berdirinya paroki secara resmi. Menjadi gereja katedral sejak 17 November 1918 seiring dengan ditahbiskannya Mgr. Pacificus Bos OFMCap menjadi Uskup Tituler Capitolias, merangkap Vikaris Apostolik Dutch Borneo, dan paroki berubah menjadi Paroki Katedral Pontianak.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar