Inilah Jago-jago Pak SBY untuk Pilgub di 17 Provinsi

Inilah Jago-jago Pak SBY untuk Pilgub di 17 Provinsi
Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono bersama jajaran pengurus dewan pimpinan pusat partainya. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengumumkan 17 pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur dari partainya untuk pilkada di 17 provinsi. Di antara nama pasangan calon yang diumumkan ada yang kader PD, tapi ada pula yang non-kader.

Pengumumannya dilakukan di kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (7/1) sore. Menurut SBY, dari 17 pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur pada Pilkada 2018, 14 di antaranya merupakan kader PD.

“Jadi 82 persen kader. Dari 14 adalah enam ketua DPD, dua ketua DPC, satu anggota DPR, satu pengurus Demokrat daerah,” ujar SBY.

Selain itu, ada pula calon petahana yang juga kader PD. “Contoh gubernur Papua (Lukas Enembe, red), gubernur Lampung (Muhammad Ridho Ficardo, red), wagub Sumatera Selatan (Ishak Mekki, red),” sambungnya.

SBY mengawali pengumuman dari provinsi paling timur ke barat. Untuk Pilgub Papua, PD mengusung pasangan Lukas Enembe dan Klemen Tinal. 

Kemudian di Maluku Utara, jago PD adalah Burhan Abdurahman dan Ishak Jamaluddin. Lalu di Maluku mereka mengusung Said Assagaff dan Anderias Rentanubun.

Sedangkan yang terakhir adalah pasangan calon JR Saragih-Ance Selian sebagai calon gubernur-calon wakil gubernur Sumatera Utara. SBY mengharapkan persaingan di Pilkada 2018 bisa berjalan secara fair.

“Kalau kompetensi fair kalah menang itu impas. Suara rakyat itu akan betul  diwujudkan dengan siapa yang diharapkan rakyat,” tegasnya.(mg1/jpnn)

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan 17 pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur dari partainya untuk pilkada di 17 provinsi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News