Inilah Kawasan di Australia dengan Jejak Dinosaurus

Inilah Kawasan di Australia dengan Jejak Dinosaurus
Inilah Kawasan di Australia dengan Jejak Dinosaurus
Inilah Kawasan di Australia dengan Jejak Dinosaurus

Berusaha membayangkan waktu dimana dinosaurus memenuhi kawasan dan berkuasa di negara ini ternyata tidak terlalu sulit dengan beberapa jejak terbaik dinosaurus did uni yang terdapat di Australia.

Bahkan faktanya pekan ini saja sebuah jejak tapak kaki Dinosaurus jenis Tyranosaurus ditemukan oleh seorang wanita yang tengah mengumpulkan Kerang di Pantai Cable Broome.

Sementara pesisir wilayah Broome sudah terkenal dengan jejak kaki dinosaurusnya (lebih banyak dibawah), jejak seperti ini sebelumnya tidak dikenal di kawasan wisata Pantai Cable, tepat di depan rumah-rumah peristirahatan dan toko-toko.
Jadi dimana lagi orang bisa menelusuri jejak kaki dari mahluk mempesona ini?

Lark Quarry

Inilah Kawasan di Australia dengan Jejak Dinosaurus
Jejak kaki kerumunan Dinosaurus di gedung Lark Quarry Dinosaurs Trackways dekat Winton, Barat Laut Longreach, Queensland tengah.

Photo courtesy of the Waltzing Matilda Centre, Winton

Bukti dari yang kemungkinan merupakan satu-satunya jejak kaki dari kerumunan dinosaurus di planet bumi bisa ditemukan di lokasi 110 kilometer Barat Daya Winton, Queensland.
Ini pasti pernah menjadi waktu yang sangat menakutkan, ilmuwan meyakini diperkirakan ada 150 dinosaurus berkaki kecil yang berdesakan setelah dikejutkan oleh kedatangan dinosaurus karnivora berukuran besar.
Lebih dari 3000 jejak kaki bisa dilihat terukir diatas batu di daerah seluas 210 meter persegi – sebuah area dengan jejak kaki dinosaurus yang paling terkonsentrasi di dunia.
Fosil jejak kaki ini setidaknya berasal dari tiga spesies: theropod pemakan daging besar, coelurosauria karnivora dan ornithopods pemakan tumbuhan.
Meski demikian, perlu diketahui kalau kesimpulan mengenai jejak kaki dinosaurus yang berdesakan ini belakangan di kritik oleh sejumlah ilmuwan, beberapa meyakini kalau jejak kaki ini terbentuk dalam periode waktu ketika dinosaurus menyeberangi sungai yang mengalir di kawasan tersebut.

Batu Pasir Broome

Inilah Kawasan di Australia dengan Jejak Dinosaurus
Palaeontolog Steve Salisbury duduk di jejak sauropod yang tersebar di kawasan sepanjang 200 kilometer di pesisir utara Broome.

Supplied: Anthony Romilio


Kawasan sepanjang 200-kilometer di Dampier Peninsula, sebelah utara Broome, jejak kaki dinosaurus dari berbagai bentuk dan ukuran bisa ditemukan.
Ribuan jejak, dari setidaknya 15 jenis dinosaurus berbeda terbentuk diatas area yang dikenal dengan sebutan "pesisir dinosaurus/dinosaur coast".
Beberapa jejak kaki yang ada disana berasal dari 130 juta tahun yang lalu dan menjadi satu-satunya bukti yang diketahui bahwa dinosaurus tertentu pernah berkeliaran di Australia.
Beberapa jejak sauropod panjang berukuran lebih dari 1,5 meter dan diduga milik dari hewan terbesar yang pernah berjalan di atas bumi.
Paleontolog Steve Salisbury mengatakan kepada ABC tidak ada tempat lain di Australia yang memiliki jejak dinosaurus seperti yang ada di Broome.
"Mudahnya adalah ini merupakan kawasan dengan jejak kaki dinosaurus paling beragam dan melimpah di Australia, dan secara global hanya ada sedikit tempat lain yang memiliki banyak jenis jejak dinosaurus seperti yang dimiliki Broome," katanya.
Sayangnya pada pertengahan tahun 90-an jejak kaki dari Megalosauropus broomensis dipindahkan dan dicuri, Tapi kemudian jejak itu ditemukan kembali tahun 1998 dan pencurinya dihukum.

Tidak jauh dari Broome, tebing berwarna merah yang menghadap ke arah Gantheaume Point, terdapat tiga jejak ibu jari theropod dan sebuah jejak berupa lingkaran besar dari sauropod bisa terlihat jika ombak sedang tidak pasang.
Jejak theropod ini milik dari dinosaurus predator jenis Tyrannosaurus berukuran 5 meter, dan jejak sauropod yang menunjukan di kawasan itu pernah berjalan dinosaurus tipe Brontosaurus setinggi 30 meter dengan bobot 70 ton.
Hanya 6 dari tulang dinosaurus yang pernah ditemukan di kawasan yang luas yaitu Australia Barat, ini menandakan pentingnya jejak dinosaurus untuk tujuan riset.

Berusaha membayangkan waktu dimana dinosaurus memenuhi kawasan dan berkuasa di negara ini ternyata tidak terlalu sulit dengan beberapa jejak terbaik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News