Inilah Komitmen Ganjar Memberantas Korupsi, Lembaga Penegak Hukum Harus Dikuatkan

Inilah Komitmen Ganjar Memberantas Korupsi, Lembaga Penegak Hukum Harus Dikuatkan
Capres-cawapres nomor urut tiga pada Pemilu 2024, Ganjar Pranowo-Mahfud MD ketika berada di gedung KPK, Jakarta Selatan. Dok: Tim media Ganjar-Mahfud.

jpnn.com, JAKARTA - Calon Presiden nomor urut tiga di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo mengatakan dirinya bersama calon Wakil Presiden Mahfud MD mempunyai komitmen untuk menguatkan semua lembaga penegak hukum di Indonesia. Dengan harapan, bisa menekan angka praktik korupsi di tanah air.

Hal tersebut dikatakan Ganjar dalam adu gagasan antikorupsi di gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta Selatan, Rabu (17/1) malam.

“Penguatan kelembagaan bisa lembaga bisa dilakukan dengan koordinasi di antara kelembagaan yang ada,” kata Ganjar.

Langkah pertama, kata Ganjar, yaitu kewenangan penuh untuk mengembalikan independensi KPK. Dengan begitu, KPK bisa tegak lurus menjaga muruahnya dalam menangani suatu kasus tanpa adanya intervensi dari siapa pun.

“Ketika KPK independen, maka menjaga independen dan integritas oleh aparatur di KPK itu penting. Tidak bisa diintervensi oleh siapa pun,” tegas Ganjar.

Langkah berikutnya, Kejaksaan dan Kepolisian sebagai penegak hukum juga bisa melakukan proses transpransi kepada masyarakat saat menangani suatu proses perkara.

“Kejaksaan, Kepolisian juga bisa mendorong transparansi proses-proses untuk masyarakat, untuk penegakan hukum bebas dari intimidasi,” urai Ganjar.

Lebih lanjut, Capres berambut putih ini sepakat perlu adanya langkah untuk penguatan instrumen Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Ia bilang hal tersebut pernah dilakukan saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah lalu.

Ganjar menyatakan pola-pola tersebutlah yang akan dijalankannya bersama Mahfud MD saat terpilih menjadi presiden dan wakil presiden nanti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News