Inilah Kronologis Ricuh Demo 4 November versi GNPF-MUI

Inilah Kronologis Ricuh Demo 4 November versi GNPF-MUI
Aksi Bela Islam II diwarnai kericuhan di depan Istana Merdeka, Jumat (4/11). Foto: Miftahulhayat/dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA--Aksi Bela Islam II pada 4 November berlangsung damai, meski pada ujungnya disusupi oleh provokator yang kecewa dengan situasi tersebut.

Lautan manusia yang menyesaki jalan-jalan protokol di jantung ibukota terutama Bundaran HI, Tugu Tani, Bundaran BI, Masjid Istiqlal, Patung Kuda hingga depan Istana Merdeka semuanya terkendali.

Berikut ini kronologi kejadian aksi bela Islam II versi resmi Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI), seperti disampaikan oleh Ketua GNPF MUI KH Bahtiar Natsir, Minggu (6/11):

1. Pukul 10.00 WIB, GNPF MUI memberikan pengarahan terbatas kepada pengendali barisan aksi dan para orator dengan pesan yang kuat bahwa ini adalah aksi damai dan harus menunjukkan akhlaqul kharimah‎.

2. Pukul 11.00, pimpinan GNPD MUI bersama ulama menetapkan kesepakatan target aksi damai yang akan diperjuangkan untuk disampaikan kepada Presiden Jokowi.

3‎. Usai Jumatan di Mesjid Istiqlal, semua peserta barisan aksi melakukan long march menuju Istana sesuai rute yang ditetapkan. Orasi di depan Istana baru dimulai ba'da Ashar.

4. Pelaksanaan orasi berjalan lancar dengan orator bergantian dari berbagai elemen dipimpin langsung oleh Habis Rizieq Syihab (pembina GNPF MUI).

5. Perundingan pertama mengutus dua juru runding GNPF MUI yaitu KH Bahtiar Natsir dan KH M Zaitun Razmin untuk mendatangi Istana.

JAKARTA--Aksi Bela Islam II pada 4 November berlangsung damai, meski pada ujungnya disusupi oleh provokator yang kecewa dengan situasi tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News