Inilah Lokasi Paling Aduhai untuk Nikmati GMT

Inilah Lokasi Paling Aduhai untuk Nikmati GMT
Perairan di wilayah Ternate. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Lembaga luar angkasa Amerika Serikat (AS), NASA, tak ragu mengirimkan tim khusus untuk memantau GMT di beberapa lokasi pengamatan di Indonesia. Astronom dari seluruh penjuru dunia pun sejak kemarin, sudah satu per satu tiba di tanah air.

Salah satunya adalah  Xavier Jubier yang dikenal luas sebagai tokoh di organisasi astronom dunia, International Astronomical Union (IAU).

Bahkan Jubier mengaku sudah berkeliling di Indonesia sejak sebulan lalu untuk melakukan survey atas undangan Kementerian Pariwasata Indonesia.

Dalam website pribadinya, dia memberikan panduan terkait lokasi dan cara terbaik untuk menikmati fenomena alam yang terakhir terjadi di Indonesia pada 1995 itu.

Dalam artikel yang sudah dilihat puluhan ribu netizen itu, Jubier merekomendasikan beberapa lokasi yang bisa digunakan untuk melihat GMT.

Antara lain, pulau Woleai di Negara Federal Micronesia, pulau Halmahera, dan Ternate di Indonesia.

Dari semua pilihan lokasi terbaik itu, Jabier mengaku bahwa wilayah Maluku adalah tempat yang dirasa cocok dengan durasi gerhana yang cukup lama dan cuaca terang. (bil/wan/kim/sam/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News