Inilah Pesan Anies untuk Novel Baswedan

Inilah Pesan Anies untuk Novel Baswedan
Anies Baswedan. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Setelah kisruh KPK dengan Polri kembali mencuat, Novel Baswedan mengaku hidupnya ekstra hati-hati. Sebab, masalah di KPK pun semakin banyak.

Hal itu disampaikan Novel kepada saudara sepupunya, Anies Baswedan. Mantan aktivis yang kin menduduki jabatan mendikbud itu pun mengimbau Novel agar lebih waspada.

"Kami semua mengatakan (kepada Novel), yang kita punya hanya nama baik orang tua," cerita Anies, cucu pejuang kemerdekaan AR Baswedan itu, di Jakarta, Sabtu (2/5). ‎

Terkait penangkapannya kemarin, Anies tidak mau banyak berkomentar. "Saya tidak punya kapasitas," imbuhnya. Dia hanya mengatakan bahwa dirinya bertemu dengan Novel sebulan lalu. ‎

Namun, Anies sudah berbicara dengan keluarga besarnya. Dia mengatakan kepada keluarganya bahwa dalam pekerjaan pasti terdapat risiko. Katanya, dia meminta agar keluarga tabah dan tidak cengeng, sebab, hal tersebut merupakan bentuk perjuangan. "Saya bicara dengan keluarga, ini hal biasa," tandasnya.

Seperti diketahui, ‎Novel Baswedan ditangkap penyiduk Bareskrim Polri, Jumat (1/5) dini hari. Penyidik senior KPK itu dijerat dengan dugaan penganiayaan terhadap enam pencuri sarang hurung walet di Bengkulu pada 2004.

Novel adalah salah seorang penyidik terbaik yang dimiliki KPK. Dja tak hanya teliti dalam menelisik barang bukti. Putra kedua di antara empat bersaudara tersebut juga menjadi jagoan di lapangan. Sosok Novel pernah memimpin penangkapan Bupati Buol Amran Batalipu yang tertangkap tangan menerima suap.

Novel dan petugas lain mendapat serangan dari para pendukung Amran. Sepeda motor yang dia kendarai ringsek karena ditabrak mobil yang mengawal Amran. Novel selamat dan berhasil menangkap Amran keesokan harinya.

JAKARTA - Setelah kisruh KPK dengan Polri kembali mencuat, Novel Baswedan mengaku hidupnya ekstra hati-hati. Sebab, masalah di KPK pun semakin banyak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News