Inilah Risiko Kesehatan bagi Orang Bertubuh Tinggi

Inilah Risiko Kesehatan bagi Orang Bertubuh Tinggi
Ilustrasi orang bertubuh tinggi. Foto: mejorimagen

jpnn.com - Ada banyak manfaat memiliki tubuh tinggi, salah satunya mampu mencapai rak paling atas tanpa masalah.

Namun di sisi lain, ada juga kelemahan besar. Menurut sebuah studi dari University of California Riverside, orang-orang bertubuh tinggi lebih mungkin mengembangkan kanker.

Leonard Nunney, PhD, seorang peneliti di UC Riverside, meninjau empat studi populasi besar yang melacak tinggi badan peserta dan kejadian kanker.

Nunney mengidentifikasi lebih dari 10.000 total kasus kanker dan ketika dia melihat peluang yang diberikan mengenai tinggi seseorang, dia menemukan bahwa risiko kanker meningkat 10 persen, rata-rata 162 cm untuk wanita dan 175 cm untuk pria.

"Jika Anda membandingkan seorang pria dengan tinggi badan 152 cm dengan pemain bola basket yang tingginya lebih dari 2 meter, maka pemain bola basket itu memiliki risiko dua kali lebih besar terkena kanker," kata Nunney, seperti dilansir laman MSN.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Proceedings of the Royal Society B, Nunney menjelaskan, salah satu alasan mengapa hal ini bisa terjadi pada orang-orang yang memiliki postur tubuh yang tinggi mungkin karena fakta bahwa mereka memiliki lebih banyak sel di dalam tubuh mereka.

Selain itu, semakin banyak pembelahan sel yang terjadi, maka akan semakin besar kemungkinan sel akan bermutasi dan mengarah ke pertumbuhan tumor.

Nunney menemukan korelasi antara tinggi badan dan risiko kanker konsisten dengan 18 dari 23 jenis kanker yang dia lacak. Dia juga menemukan bahwa risiko kanker kulit melanoma membawa hubungan kuat yang tidak terduga dengan tinggi badan. Dan wanita yang lebih tinggi memiliki peningkatan risiko kanker tiroid juga.(fny/jpnn)


Menurut sebuah studi dari University of California Riverside, orang-orang bertubuh tinggi lebih mungkin mengembangkan kanker.


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News