Rabu, 19 Juni 2019 – 03:51 WIB

Inilah Ritual Adat Kebanggaan Wanita Wakatobi

Kamis, 18 April 2019 – 15:00 WIB
Inilah Ritual Adat Kebanggaan Wanita Wakatobi - JPNN.COM

Wakatobi. Foto: dok.Jawapos

jpnn.com - WAKATOBI terkenal berkat keindahan baharinya yang diakui dunia internasional. Di balik nama besarnya sebagai destinasi wisata bahari terpopuler, Wakatobi menyimpan pesona budaya yang juga tak kalah menarik untuk diselami lebih dalam.

Kabupaten di Sulawesi Tenggara yang dihuni Suku Bajo dan Bugis ini dikenal masih mempertahankan adat dan tradisi yang sarat akan nilai-nilai religius.

Setiap momen khusus, seperti Idulfitri atau Ramadan, penduduk lokal kerap menggelar ritual untuk menyambut datangnya momen sakral bagi umat Islam tersebut.

Di samping itu, pemerintah setempat pun giat memperkenalkan adat dan budaya Wakatobi melalui beragam festival, seperti Wakatobi Wonderful Festival and Expo serta Wakatobi Wave.

Dalam acara tersebut, banyak kegiatan menarik mulai pagelaran budaya, kompetisi, hingga arak-arakan warga lokal.

Namun, ada satu acara yang bisa dibilang paling menarik perhatian para wisawatan, yakni ritual Kasonda’a yang menampilkan kecantikan para wanita asli Wakatobi dalam balutan pakaian adat dan aksesori tradisional berwarna cerah.

Kasonda’a, ritual sekali seumur hidup bagi wanita Wakatobi Kasonda’a merupakan momen istimewa bagi setiap gadis belia asli Wakatobi.

Pasalnya, Kasonda’a menandai perubahan seorang wanita dari masa kanak-kanak ke dewasa.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar