Inilah Tempat Keempat yang akan Dilalui GMT Besok

Inilah Tempat Keempat yang akan Dilalui GMT Besok
Gerhana Matahari Total akan melintasi beberapa tempat di Indonesia. Foto: AFP

jpnn.com - JAKARTA - Sejumlah wilayah di Indonesia akan dilalui Gerhana Matahari Total (GMT), Rabu 9 Maret 2016. 

GMT merupakan  fenomena alam di mana posisi atau kedudukan matahari, bulan dan bumi pada satu garis lurus. Dampak dari kejadian ini, sebagian bumi akan terkena bayangan gelap bulan sehingga tidak melihat matahari.

Tak hanya domestik, masyarakat mancanegara akan datang ke Indonesia untuk melihat dan bersiap menyambut kejadian yang langka ini. Sebab, GMT akan kembali berlangsung di tempat yang sama dengan membutuhkan waktu selama 350 tahun. 

"Kejadian ini sangat istimewa karena wilayah daratan yang dilalui gerhana matahari total hanya Indonesia," tutur Kasubag Hubungan Pers dan Media BMKG Taufan Maulana, Selasa (8/3) dalam keterangannya.

Setelah Mentawai, Sumatera Barat, Muko-Muko, Bengkulu, dan Palembang, Sumatera Selatan, maka Kota Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung tepatnya di Pantai Tanjung Kelayang merupakan tempat keempat yang dilalui GMT untuk wilayah Indonesia Barat. 

"Wilayah Tanjung Pandan gerhana mulai pukul 06.21 dan mencapai puncaknya 07.23 WIB," kata Taufan Maulana di Bangka Belitung. 

Dia mengatakan, cuaca di Tanjung Pandan besok pagi diprediksi berpotensi cerah berawan. Sementara, di Pantai Terentang, Kabupaten Bangka Tengah, juga tak kalah menarik. 

Pada perhelatan menyambut GMT  di wilayah tersebut telah dipersiapkan berbagai kegiatan pengamatan dan hiburan bagi masyarakat. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News