Inilah Tips D'Masiv Menjaga Kekompakan Band!

Inilah Tips D'Masiv Menjaga Kekompakan Band!
Inilah Tips D'Masiv Menjaga Kekompakan Band!

jpnn.com, JAKARTA - Banyak cara yang dilakukan anak band untuk menjaga kekompakan. Tapi apa yang dilakukan D'Masiv mungkin bisa menginspirasi anak band yang baru tumbuh.

Tips pertama adalah saling mengingatkan dengan apa yang sudah dilakukan di masa lalu. "Kami selalu ingat masa lalu, masa susah. Kita band dari nol, enggak punya alat, sewa, beli sendiri, sampai sekarang ada yang bisa koleksi gitar," kata Ryan, vokalis D'Masiv saat ditemui di Studio RCTI Kebon Jeruk Jakarta Barat, Kamis (13/12).

Kedua, personel harus membiasakan diri untuk bertemu tiap hari. "Dari tahun 2008 hampir jarang ada libur, sebulan tiga hari doang. Tiap hari ketemu agar ngerti karakternya," ungkap Ryan

Ketiga, jangan takut berdebat dalam proses pembuatan aransemen lagu. "Soal musik biasa, tapi jangan sampai berantem," jelas Ryan.

Yang keempat adalah terus belajar. Meski sudah menjadi musisi besar di Indonesia, namun personel D'Masiv tidak malu untuk les musik lagi.

"Dulu saya enggak bisa les karena enggak punya duit, tapi sekarang bisa perdalam les lagi, les piano. Rama les gitar lagi. Kesempatan eksplor lebih besar," jelas Ryan.

Sedangkan tips yang kelima, tidak puas dengan apa yang telah dicapai. Cita-cita tetap harus tetap digantungkan setinggi langit, mimpi harus tetap dirajut punya target masa depan. "Yang pasti masih banyak mimpi yang belum tercapai, tapi apa yang didapet harus disyukuri dan yang kurang diperbaiki 2013," ungkap Ryan. (abu/jpnn)

Banyak cara yang dilakukan anak band untuk menjaga kekompakan. Tapi apa yang dilakukan D'Masiv mungkin bisa menginspirasi anak band yang baru tumbuh.


Redaktur & Reporter : Arwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News