Inspirasi Gaun Batik dari Keindahan Warna Akik

Inspirasi Gaun Batik dari Keindahan Warna Akik
Dyan Nugra bersama koleksi batik terbarunya yang mengambil inspirasi keindahan warna batu akik. FOTO : JPNN

jpnn.com, SURABAYA - Terinspirasi oleh keindahan ragam batu akik khatulistiwa, desainer Dyan Nugra memamerkan koleksi terbaru di ITC Mega Grosir dalam acara Batik Fashion FestivaL 2017. Total ada 15 koleksi terbaru yang kesemuanya menggunakan batik Sidomukti.

Pola rancangan sendiri, Dyan lebih memilih konsep Archean. Menurutnya itu mewakili pemikiran mengenai esensi kehidupan. Diilhami oleh periode awal terjadinya fotosintesa, dan berlanjut ke kondisi saat ini dimana bumi sudah semakin rusak keseimbangan ekosistemnya.

Archean adalah cerita tentang bumi Indonesa, dari perubahan di dalam dan di atas permukaan bumi yang prosesnya berlangsung sejak jutaan tahun lalu, terbentuklah secara alamiah berbagai material tanah dan bebatuan yang amat kaya. ”Dari sanalah muncul inspirasi untuk hidup kembali dengan alam, dan melahirkan bentuk serta gaya natural yang mengacu pada keindahan bentukan bumi Indonesia,” katanya.

Pada koleksi terbarunya ini Dyan menggunakan warna natural dari bebatuan archean seperti coklat, merah, oranye, kuning, biru, putih, dan hijau. ”Karena tema Archean, maka saya menampilkan bentuk yang nampak menggelembung dan membongkah. Seolah memang mengabaikan bentuk tubuh, tapi sebenarnya sangat cocok,” jelasnya.

Kemudian juga meliuk tidak beraturan disusun, disambung, dan berlapis-lapis menghasilkan detail yang cantik. Pola cutting Dyan memilih Bustier, OffShoulder, A line, Mermaid, dan Asimetrical arm. ”Selain batik, kami juga menggunakan bahan duchess, organza, tule, embroidery, swarovsky, dan beading,” jelas dia. (JPNN/pda)


Menurutnya itu mewakili pemikiran mengenai esensi kehidupan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News