Investasi Bodong Marak, Investor Malah Bertambah

Investasi Bodong Marak, Investor Malah Bertambah
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - BANJARMASIN – Maraknya investasi bodong ternyata tak terlalu memberi efek negatif. Iklim investasi di perbankan tetap tumbuh. Namun, nilainya memang tak sebesar tahun lalu.

Wealth Business Head Bank Mandiri Region IX Kalimantan Andi N Sumbayak menerangkan, secara kualitas investor mengalami kenaikan sepuluh persen dari tahun lalu. "Investor pasar modal terus tumbuh. Namun, nilainya tak secepat tahun lalu," beber Andi.

Tahun lalu, nilai investasi pasar modal di Bank Mandiri sekitar Rp 600 miliar. Yang diminati masyarakat seperti sektor reksadana, sukuk syariah, dan obligasi ritel (ori).

"Investasi pasar modal tak berpengaruh dengan munculnya investasi-investasi bodong. Yang memengaruhi hanya lesunya kondisi ekonomi saat ini," tutur Andi.

Dia berpesan kepada masyarakat untuk lebih bijak dalam menentukan investasi. Contohnya reksadana adalah investasi yang legal karena memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Perizinan memang memiliki banyak syarat dan bersifat mutlak sehingga dapat dipercaya kebenarannya. Berbeda dengan investasi bodong atau abal-abal, biasanya tidak memiliki izin karena tidak memenuhi standar dan persyaratan dalam mengelola investasi yang bersih dan sehat.

Investasi bodong biasanya menawarkan keuntungan investasi yang sangat besar. Namun, bisa jadi risiko yang ditanggung juga besar. “Jangan sampai masyarakat tergiur dengan hal ini," ujarnya. (mof/ma/dye/jos/jpnn)


BANJARMASIN – Maraknya investasi bodong ternyata tak terlalu memberi efek negatif. Iklim investasi di perbankan tetap tumbuh. Namun, nilainya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News