Investigasi Gaza Disetujui PBB

Investigasi Gaza Disetujui PBB
KONFLIK - Pasukan berikut kendaraan militer Israel yang terlihat 'stand-by' di perbatasan Israel-Gaza, di masa konflik awal tahun ini. Foto: AFP/Getty Images.
NEW YORK - Sidang Majelis Umum PBB akhirnya menyetujui resolusi yang mendukung sebuah laporan terbaru badan PBB mengenai konflik Israel-Palestina di Gaza. Laporan itu sendiri merekomendasikan agar kedua pihak, baik Israel maupun Palestina, mengakomodir penyelidikan independen terhadap kemungkinan terjadinya kejahatan perang di Jalur Gaza dalam konflik musim dingin yang lalu.

Sebagaimana diberitakan CNN, Jumat (6/11) pagi WIB, resolusi tak mengikat yang disepakati Kamis (5/11) waktu setempat tersebut, mengutuk "semua (tindakan) yang mengarah pada warga maupun infrastruktur sipil". Resolusi itu juga menyerukan Dewan Keamanan PB untuk bertindak, apabila kelak salah satu dari kedua pihak yang bertikai gagal menjalankan apa yang diminta dalam waktu tiga bulan.

Resolusi tersebut juga meminta Sekjen PBB Ban Ki-moon untuk memberi laporan kepada Majelis Umum dalam waktu tiga bulan. Terhadap laporan Sekjen ini, disebutkan juga bahwa hendaknya dilengkapi dengan "pandangan yang berisi pertimbangan langkah selanjutnya, jika diperlukan, oleh organisasi dan lembaga PBB yang relevan, termasuk Dewan Keamanan".

Persetujuan ini sendiri sudah diduga, seiring meluasnya dukungan terhadap Palestina dan kritik keras terhadap Israel, yang tersirat setidaknya dari pidato 45 negara dalam sidang PBB selama dua hari terakhir. Resolusi lantas dimajukan oleh sekitar 20 negara anggota Liga Arab, yang kemudian disetujui lewat voting dengan hasil 114 banding 18 dari total 192 negara anggota Majelis Umum.

NEW YORK - Sidang Majelis Umum PBB akhirnya menyetujui resolusi yang mendukung sebuah laporan terbaru badan PBB mengenai konflik Israel-Palestina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News