PBB Tarik 600 Staf Dari Afghanistan

PBB Tarik 600 Staf Dari Afghanistan
Foto : REUTERS
KABUL - Situasi keamanan yang tidak kondusif memaksa PBB untuk segera merelokasi sekitar 600 dari 1.300 staf asing di wilayah Afghanistan. Jumlah tersebut merupakan 12 persen dari seluruh staf PBB di Afghanistan yang mencapai 5.600 orang baik lokal ataupun asing. Kepala misi PBB di Afghanistan Kai Eide menyampaikan langkah tersebut dilakukan secepatnya.

"Pelaksanaan relokasi sementara diperkirakan akan berlangsung selama tiga hingga empat minggu," tutur Eide yang juga merupakan diplomat dari Norwegia seperti dilansir BBC, Kamis (05/11).

Staf PBB yang dipindahkan kebanyakan bukan personel penjaga garis depan. Beberapa diantaranya diungsikan untuk meninggalkan Afghanistan. Sementara untuk sebagian kecil staf hanya direlokasi di kawasan lokal Afghanistan. PBB juga akan menambah keamanan untuk menjaga keselamatan staf mereka. Eide turut menegaskan langkah relokasi ini bukanlah tindakan evakuasi.

Dan McNorton selaku juru bicara PBB mengatakan bahwa keputusan tersebut akan dikaji secara berkala dan efektif dalam beberapa minggu ini. "Setiap usaha (penyelamatan) akan dibuat untuk meminimalisasi gangguan terhadap aktivitas kami. Dan untuk sementara, ini adalah langkah keamanan yang diambil," ujar  McNorton kepada AFP.

KABUL - Situasi keamanan yang tidak kondusif memaksa PBB untuk segera merelokasi sekitar 600 dari 1.300 staf asing di wilayah Afghanistan. Jumlah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News