IPM Mimika Masih Jauh dari Standar Nasional

IPM Mimika Masih Jauh dari Standar Nasional
IPM Mimika Masih Jauh dari Standar Nasional
TIMIKA - Anggota Komisi C DPRD Mimika, Provinsi Papua, Fabianus Jemadu menyebutkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Mimika masih jauh dari standar nasional. Menurutnya, IPM secara nasional sekitar 111, sementara IPM Mimika hanya sekitar 60. 

Meskipun tertinggal, namun kata Fabianus, dari segi grafik, IPM Kabupaten Mimika mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Adanya peningkatan tersebut kata dia, menunjukkan bahwa pemerintah sudah memiliki terobosan-terobosan, yang dilakukan SKPD-SKPD untuk mensejahterakan masyarakat. “Pemerintah sedang berusaha bagaimana supaya IPM Mimika, lebih tinggi dibanding dari tahun sebelumnya,”tuturnya.

Dikatakannya, IPM dilihat dari beberapa aspek seperti aspek pendidikan (sejauh mana Kabupaten Mimika bebas dari buta huruf), segi kesehatan (sejauh mana Kabupaten Mimika, dalam hal peningkatan pelayanan kesehatannya  seperti jumlah tingkat kematian bayi dan lainnya).  Tak hanya itu, IPM juga dilihat dari segi kesejahteraan masyarakat.

Untuk segi kesejahteraan masyarakat, Fabianus mengatakan sejauh ini Timika sangat kontras dengan daerah pertambangan.  Dari beberapa provinsi yang ada di Indonesia, Mimika masuk lima terbesar provinsi yang paling tertinggi hasil pertambangnya.

TIMIKA - Anggota Komisi C DPRD Mimika, Provinsi Papua, Fabianus Jemadu menyebutkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Mimika masih jauh dari standar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News