IPO Terganjal, Semen Baturaja Masih Punya Opsi Obligasi

IPO Terganjal, Semen Baturaja Masih Punya Opsi Obligasi
IPO Terganjal, Semen Baturaja Masih Punya Opsi Obligasi
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyatakan bahwa PT Semen Baturaja harus tetap melakukan ekspansi bisnis walaupun keinginan untuk melepas saham ke publik melalui mekanisme initial poblic offering (IPO) tidak disetujui oleh DPR. Karena IPO tak disetujui, Dahlan menyodorkan opsi agar BUMN pabrik semen itu menerbitkan obligasi sekitar Rp 1 – Rp 1,2 triliun pada tahun depan.

"Saya usul kepada direksi Semen Baturaja untuk menjajaki obligasi atau pinjaman. Obligasi tahap awalnya bisa Rp 1 triliun -1,2 triliun. Kalau Rp 2 triliun nantinya takut tidak terserap pasar," ujar Dahlan di ruang pers Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (19/12).

Diterangkannya, dana hasil penerbitan surat utang tersebut akan digunakan untuk membangun pabrik baru dengan kapasitas terpasang 1,5 juta ton cement mill dan cement packing per tahun.  Pabrik akan dibangun di Baturaja juga.

Hanya saja Dahlan masih punya opsi lain agar Semen Baturaja bisa tetap IPO. Caranya, dengan mendorong Semen Gresik mengakuisisi Semen Baturaja.

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyatakan bahwa PT Semen Baturaja harus tetap melakukan ekspansi bisnis walaupun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News