IPW Sebut Kapolda Sumut dan Riau Segera Dimutasi

IPW Sebut Kapolda Sumut dan Riau Segera Dimutasi
IPW Sebut Kapolda Sumut dan Riau Segera Dimutasi

jpnn.com - JAKARTA – Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut), Irjen Syarief Gunawan dan Kapolda Riau Brigjen (pol) Condro Kirono dikabarkan akan segera dimutasi. Menurut Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane, kedua kapolda itu kemungkinan akan menjadi bagian dalam mutasi besar-besaran yang diperkirakan dilakukan Mabes Polri pada 25 Mei mendatang.

“Dari informasi yang kita terima, Mabes Polri akan kembali melakukan mutasi. Salah satunya kemungkinan Kapolda Sumut yang ikut dimutasi dan Kapolda Riau,” ujar Neta di Jakarta, Minggu (18/5).

Menurut informasi yang diperoleh Neta, Irjen Condro Kirono besar kemungkinan akan ditarik ke Mabes Polri menjadi kepala divisi humas. Sedangkan Irjen Ronny Franky Sompie yang saat ini menjabat Kadiv Humas Polri akan diangkat menjadi Kapolda Sumut.

“Mutasi dilakukan karena berbagai alasan. Namun kita harapkan dengan mutasi ini pengungkapan kasus-kasus yang terjadi di Sumut dapat segera terungkap. Karena sebelumnya Pak Ronny sudah pernah bertugas di Sumut,” ujar Neta.

Lebih lanjut Neta mengatakan, ada beberapa penyebab sehingga banyak perkara di Sumut hingga saat ini masih belum dapat diungkap. Antara lain karena koordinasi Kapolda Sumut dengan wakilnya sangat buruk. Demikian juga koordinasi dengan beberapa kapolres,  termasuk Kapolresta Medan.

“Makanya dalam beberapa dialog dengan jajaran Mabes Polri, kita sejak beberapa waktu lalu mendesak agar Kapolda Sumut segera diganti,” kata Neta.

Ditambahkannya, berdasarkan catatan IPW dari hasil diskusi dengan petinggi Mabes Polri, beberapa kasus di Sumut yang tak terselesaikan memang menjadi sorotan di kepolisian. “Jadi bukan catatan IPW saja. Sejumlah jenderal di Mabes Polri juga memertanyakan hal tersebut. Banyak penilaian yang menduga lambannya pengungkapan kasus karena koordinasi sangat lemah,” katanya.(gir/jpnn)


JAKARTA – Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut), Irjen Syarief Gunawan dan Kapolda Riau Brigjen (pol) Condro Kirono dikabarkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News