Iran Memanas, Menlu dan Panglima TNI Bicarakan Evakuasi WNI

Iran Memanas, Menlu dan Panglima TNI Bicarakan Evakuasi WNI
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengucap syukur dan terima kasih usai Indonesia diumumkan terpilih sebagai anggota Dewan HAM PBB periode 2020-2022. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi mengatakan, dirinya sudah berbicara dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, terkait antisipasi terburuk bila hubungan Amerika vs Iran terus memanas.

Pembicaraan itu, menurut Retno terkait dengan rencana pemulangan WNI yang tinggal di wilayah Timur Tengah. Saat ini, Kementerian Luar Negeri tengah mematangkan dan memetakan di mana saja keberadaan WNI di Iran, Irak dan negara-negara sekitarnya. Komunikasi juga diintensifkan sebagai antisipasi kalau evakuasi besar-besaran memang harus dilakukan. "

"Semoga itu tidak terjadi, seperti yang pernah kita lakukan di Yaman," kata Retno di Istana Negara, Jakarta, Kamis (9/1).

Namun demikian pihaknya berharap ekslasasi ketegangan antara Amerika Vs Iran tidak semakin memburuk. Tetapi, katanya, Indonesia sudah dalam posisi siap siaga untuk mengevakusasi WNI di sana.

"Semuanya sudah matang. Semuanya tentu akan terkait dengan situasi setempat ya. Mudah-mudahan situasi tidak akan lebih buruk dari sekarang," katanya. (fat/jpnn)

Indonesia sudah dalam posisi siap siaga untuk mengevakusasi WNI di Timur Tengah.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News