Irjen Ferdy Sambo Tersangka, Hendardi: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Lulus Ujian Terberat

Irjen Ferdy Sambo Tersangka, Hendardi: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Lulus Ujian Terberat
Ketua Badan Pengurus Setara Institute Hendardi menanggapi penetapan Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka kasus pembunuhan Brigadir J. Ilustrasi. Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/wsj/aa.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua SETARA Institute Hendardi merespons penetapan Irjen Ferdy Sambo (FS) sebagai tersangka kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J pada Selasa (9/8) kemarin.

Menurut Hendardi, penetapan Ferdy Sambo sebagai tersangka pembunuhan Brigadir J oleh Tim Khusus yang dibentuk Kapolri telah membuktikan diplomasi kejujuran, transparansi, dan kinerja berbasis data telah mengantarkan pada kesimpulan dan fakta dengan bukti permulaan yang cukup bahwa telah terjadi pembunuhan atas Brigadir J yang melibatkan eks Kadiv Propam Polri itu.

“Pada awalnya Polri sempat terkesan sangat berhati-hati, karena peristiwa tersebut menyangkut perwira tinggi Polri yang juga berprestasi dan adanya suatu upaya menghalangi proses penegakan hukum (obstruction of justice),” ujar Hendardi dalam keterangan tertulis pada Rabu (10/8/2022).

Hendardi menilai semburan informasi menyangkut kasus ini yang sangat masif membuat proses penyidikan sempat terhambat.

“Di tengah menurunnya kepercayaan publik pada institusi Polri, kasus ini sungguh menjadi ujian terberat bagi Kapolri, meskipun akhirnya Jenderal Listyo Sigit Prabowo lulus dari ujian tersebut,” ujar Hendardi.

Hendardi menegaskan pengungkapan keterlibatan Ferdy Sambo dalam peristiwa pembunuhan ini menjadi pembelajaran sangat penting bahwa oleh faktor-faktor tertentu, anggota Polri dan juga penegak hukum lainnya, dapat saja terlibat suatu perbuatan yang melanggar hukum.

“Dalam sebuah korps, naughty cop dan clean cop akan selalu ada, tetapi sebagai sebuah instrumen penegakan hukum, institusi Polri tetap harus menjalankan tugas legal dan konstitusionalnya menegakkan keadilan,” tegas Hendardi.

Dia mengingatkan Polri harus diawasi dan dikritik, tetapi sebagai sebuah mekanisme tentu harus dipercaya.

Ketua SETARA Institute Hendardi merespons penetapan Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News