Irjen Iqbal Mengerahkan 4.309 Personel, Dia Bilang Bukan yang Berat-berat

Irjen Iqbal Mengerahkan 4.309 Personel, Dia Bilang Bukan yang Berat-berat
Kapolda Riau Irjen Mohamad Iqbal. Foto: Rizki Ganda Marito/JPNN.com.

jpnn.com - PEKANBARU - Polda Riau dan jajaran mengerahkan sekitar 4.309 personel untuk menjadi Polisi RW untuk mengatasi permasalahan keamanan yang berpotensi muncul di tingkat lingkungan rukun warga (RW) usai diluncurkan secara serentak, Rabu (14/6).

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan, bahwa program Polisi RW mengadaptasi dari kebutuhan polisi terkini yang lebih mengutamakan pencegahan kejahatan daripada penegakan hukum.

Dia mengatakan, keberhasilan polisi ialah saat Korps Bhayangkara itu mampu mencegah kejahatan.

"Jadi hal ini lebih sederhana, lebih murah, lebih efektif, sehingga tidak ada korban. Juga diharapkan kalau RW aman, kelurahan aman, kecamatan aman, dan juga seterusnya dan ini sebuah program yang akan kita teruskan,” kata Irjen Iqbal di Pekanbaru, Rabu.

Kapolda Riau Irjen Iqbal juga mengatakan, tugas polisi RW yakni akan bekerja sama dengan perangkat RW untuk melakukan penilaian risiko keamanan.

Setiap persoalan akan diidentifikasi, lalu kemudian dilakukan respons bagaimana masalah tersebut dapat selesai.

"Bukan yang berat-berat, tetapi yang kecil-kecil saja, masalah keamanan dan ketertiban masyarakat yang lebih kecil,” ungkap Irjen Iqbal.

Kapolda menambahkan bahwa polisi RW juga bisa diminta membantu tugas-tugas pemerintah daerah di tingkat RW.

Kapolda Riau Irjen Iqbal dan jajaran mengerahkan sekitar 4.309 personel. Dia menjelaskan tugas Polisi RW. Silakan disimak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News