Irjen Lotharia Mengimbau Umat Muslim di Maluku Tidak Takbir Keliling, Ini Tujuannya

Irjen Lotharia Mengimbau Umat Muslim di Maluku Tidak Takbir Keliling, Ini Tujuannya
Kepala Polda Maluku, Inspektur Jenderal Polisi atau Irjen Lotharia Latif.ANTARA/HO-Polda Maluku

jpnn.com, AMBON - Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif mengimbau seluruh masyarakat Muslim di daerah itu tidak melakukan takbir keliling menyambut Idulfitri 1444 Hijriah/2023 Masehi.

"Saya mengimbau pada kesempatan ini untuk menjaga pada malam takbiran dengan tidak melaksanakan takbir keliling," kata dia di Ambon, Kamis (20/4).

Jenderal bintang dua itu menyarankan umat Islam sebaiknya melaksanakan malam takbiran di masjid atau musala.

Hal itu bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, terutama gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Kita manfaatkan momentum malam takbiran dengan baik, jangan justru menjadi momentum gesekan dan sebagainya. Itu yang tidak kita inginkan," ujar dia.

Dia mengakui terkadang masih ada sebagian warga yang mengadakan takbir keliling, meski sudah diimbau.

Oleh karena itu, dia meminta pelaksana kegiatan takbir keliling berkoordinasi dengan aparat keamanan sebelum melakukan pawai.

"Panitia harus betul-betul koordinasi dengan pihak keamanan agar kegiatan itu bisa dijaga dan dikawal dengan baik," ucap Irjen Lotharia.

Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif mengimbau umat Muslim di daerah itu tidak menggelar takbir keliling menyambut Idulfitri. Begini tujuannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News