JPNN.com

Irjen Martuani Sormin Siregar Ditunjuk Jadi Kapolda Sumut

Sabtu, 07 Desember 2019 – 15:43 WIB Irjen Martuani Sormin Siregar Ditunjuk Jadi Kapolda Sumut - JPNN.com
Irjen Martuani Sormin Siregar diangkat menjadi Kapolda Sumut menggantikan Irjen Agus Andrianto yang dimutasi menjadi Kabaharkam Polri. Foto: sumutpos.co

jpnn.com, MEDAN - Irjen Martuani Sormin Siregar ditunjuk sebagai Kapolda Sumut menggantikan Irjen Polisi Agus Andrianto yang dipromosikan menduduki jabatan Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri.

Pergantian struktur organisasi Polri tersebut, diketahui berdasarkan Telegram (ST) Kapolri Nomor ST/3229/XII/KEP/2019.

Nama Irjen Martuani Sormin Siregar yang sebelumnya menjabat Asops Kapolri ini sebenarnya tak asing lagi. Jenderal bintang dua itu sempat populer saat tragedi bom Sarinah, Jakarta Pusat, 14 Januari 2016 silam. Saat itu, Martuani masih berpangkat Kombes.

Ia menjadi perbincangan karena aksi nekatnya saat baku tembak dengan teroris.

Martuani Sormin Siregar tidak menggunakan rompi, satu perwira lain yang ada di lokasi adalah AKBP Untung Sangaji. Dalam tragedi ini, ada tujuh orang tewas. Empat orang adalah pelaku, sementara korban ada 3 orang yang merupakan warga sipil.

Tak hanya itu, nama Irjen Martuani Sormin Siregar juga sempat diusulkan menjadi Penjabat Gubernur Sumut (Gubsu) oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo pada 2018 lalu, untuk menggantikan Tengku Erry Nuradi yang berakhir masa jabatannya. Namun urung terlaksana.

BACA JUGA: Sopir Xenia Penabrak Lari 5 Pengendara Motor Babak Belur Diamuk Massa

Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan membenarkan surat telegram yang beredar tersebut. Kata dia, rotasi jabatan di tubuh Polri merupakan hal yang biasa. “(Rotasi) ini juga untuk penyegaran, dan peningkatan karir. Selain itu, untuk kepentingan organisasi Polri,” ujarnya singkat yang dihubungi via seluler, Jumat (6/12).(ris)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...