Istana Terus Pantau Isu Penyadapan

Istana Terus Pantau Isu Penyadapan
Istana Terus Pantau Isu Penyadapan

jpnn.com - BOGOR - Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah menyatakan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terus memantau perkembangan klarifikasi terkait penyadapan yang diduga dilakukan Amerika Serikat dan Australia pada Indonesia. Sejauh ini, isu penyadapan itu belum terbukti lewat informasi yang valid sehingga dibutuhkan konfirmasi.

"Hari ini Menlu Marty Natalegawa diterima oleh Presiden (SBY, red) tentunya melaporkan langkah yang sudah dilakukan terkait info penyadapan," ujar Faizasyah  di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin, (4/11).

Meski demikian Faizasyah tidak menampik bahwa dugaan penyadapan ini berpotensi mengganggu hubungan antara Indonesia dan dua negara itu. Pasalnya, hubungan kerjasama antarnegara juga didasari kepercayaan.

Tapi dengan penyadapan itu, lanjutnya, hubungan yang sudah terjalin pun bisa rusak. "Tindakan penyadapan tidak bisa diterima bukan adab atau norma yang dilakuan sahabat," sambung Faizasyah.

Mantan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri itu menambahkan, Menlu Marty terus menjalin pembicaraan dengan mitranya dari AS dan Australia. Termasuk, memanggil duta besar dua negara itu di Jakarta.

"Kalau hubungan antarnegara, pemanggilan dubes adalah protes keras. Itu satu wujud ekspresi tidak nyaman dan ketidaksukaan," tandas Faizasyah. (flo/jpnn)


BOGOR - Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah menyatakan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terus memantau


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News