Istigfarlah Mbak Sri, Jangan Hanya Bisa Mengutang Lagi

Istigfarlah Mbak Sri, Jangan Hanya Bisa Mengutang Lagi
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: Ishak Mutiara/Rakyat Aceh/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sekjen Seknas JOKOWI Osmar Tanjung melontarkan kritik keras kepada Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani yang terus mencari utangan. Yang terkini, November lalu menteri yang beken dengan inisial SMI itu menerbitkan surat utang berupa tiga global bond senilai USD 4 miliar dengan jangka jatuh tempo masing-masing 5, 10, dan 30 tahun.

“Tragis. Menkeu Sri Mulyani memang si jagoan utang,” ujar Osmar melalui pesan singkat, Rabu (13/12).

Menurut Osmar, hingga November lalu utang pemerintah Indonesia sudah mencapai USD 291,2 miliar atau setara Rp 3.952 triliun. Menurutnya, angka itu tak bisa disepelekan.

“Angka utang yang mendekati Rp 4.000 triliun itu bukanlah jumlah kecil karena membuat setiap orang di Indonesia berhutang Rp 15 juta,” sebutnya.

Istigfarlah Mbak Sri, Jangan Hanya Bisa Mengutang Lagi

Sekjen Seknas JOKOWI Osmar Tanjung.

Karena itu Osmar menyebut mantan direktur pelaksana Bank Dunia tersebut identik dengan utang. SMI, sambung Osmar, terlampau rajin membuat utang baru.

“Padahal peringatan tentang bahaya utang setahun belakangan ini banyak dilontarkan, baik berasal dari para ekonom, dunia usaha maupun aktifis LSM dan anggota DPR. Cukup mengkhawatirkan,” tegasnya.

Terus melambungnya jumlah utang pemerintah yang sudah mendekati Rp 4.000 triliun ikut membuat pendukung Presiden Jokowi ketar-ketir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News