Istri Anies Mengapresiasi Peran Nyai & Ning di Tapal Kuda

Istri Anies Mengapresiasi Peran Nyai & Ning di Tapal Kuda
Istri capres Anies Baswedan, Fery Farhati (dua kanan). Foto: Tim AMIN

jpnn.com - SITUBONDO - Istri capres Anies Baswedan, Fery Farhati mengatakan bahwa perempuan berperan besar menjadi penggerak masyarakat.

Wanita kelahiran Kuningan, 6 Agustus 1971 itu mencontohkan para nyai, ning, dan tokoh perempuan lainnya yang selama ini menjadi contoh nyata bahwa perempuan bisa menjadi kunci perubahan yang lebih baik untuk lingkungan sekitarnya.

Fery menyampaikan hal itu dalam silaturahmi bersama nyai, ning, serta para tokoh perempuan se-Tapal Kuda mulai dari Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Lumajang, Pasuruan, Situbondo, dan Probolinggo, di gedung serbaguna Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (30/11).

Dalam acara itu, Fery didampingi oleh Rustini Murtadho, istri dari cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar.

Menurut Fery, jumlah perempuan di Indonesia sekitar 49,52% dari total penduduk. Hal ini menunjukkan bahwa sosok perempuan memiliki kesempatan yang besar untuk menjadi penggerak dalam masyarakat.

"Ibu nyai dan ning ini adalah contoh nyata bahwa perempuan bisa membawa dan menjadi kunci perubahan yang lebih baik untuk lingkungan sekitarnya," tutur Fery.

Dia menjelaskan kepemimpinan para nyai dan ning memegang perananan penting dalam keberhasilan sebuah pesantren.

"Ibu nyai dan ning memiliki peran dalam memastikan logistik pesantren, mendidik, hingga menjadi orang tua pengganti bagi ratusan bahkan ribuan santri. Ini menunjukan bahwa peran ibu nyai dan ning memegang peran yang begitu instrumental,” ujarnya.

Istri Anies Baswedan menyebut ibu nyai dan ning memiliki peran dalam memastikan pendidikan, hingga menjadi orang tua pengganti bagi ribuan santri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News