Isu Bencana Indonesia Akan Dibahas di Forum IMF-World Bank

Isu Bencana Indonesia Akan Dibahas di Forum IMF-World Bank
Kerusakan di Kota Palu, Sabtu (29/9) akibat gempa bumi dan tsunami. Foto: Istimewa/Pemprov Sulteng

jpnn.com, JAKARTA - Pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) dan Bank Dunia/World Bank (WB), di Bali, 8-14 Oktober 2018, juga akan membahas masalah kebencanaan.

Pembahasan tersebut menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, tidak terlepas dari kesadaran bahwa pelaksanaan annual meeting tersebut berlangsung di tengah Indonesia mengelola bencana yang terjadi NTB, maupun Sulawesi Tengah.

"Karena itu dalam penyelenggaraan ini kami berharap hal-hal yang menyangkut concern kepedulian terhadap penanganan bencana, juga akan dibahas dalam pembahasan annual meeting," kata Sri Mulyani di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa (2/10).

Pembahasan kebencanaan ini, menurutnya, akan sangat berguna tidak hanya bagi Indonesia, tapi juga untuk negara lain yang juga sering menghadapi bencana. Misalnya Meksiko, negara Caribbean hingga Pasifik.

Topik mengenai manajemen risiko kebencanaan, baik dalam bentuk dialog ataupun inisiatif pendanaan dan bagaimana koordinasi di level negara, dukungan internasional, katanya, akan dibicarakan di forum IMF-World Bank tersebut.

"Termasuk instrumen asuransi, akan jadi salah satu topik yang dibahas dalam annual meeting ini," tandasnya.(fat/jpnn)

 


Peristiwa Bencana di Lombok dan Sulawesi Tengah akan turut dibahas di Forum IMF-World Bank.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News