Isu Keamanan, Dokter Dievakuasi

Isu Keamanan, Dokter Dievakuasi
Sebagian korban gempa Haiti yang berada di lokasi perawatan darurat. Foto: CNN.com.
PORT-AU-PRINCE - Begitulah keadaan yang kerap hadir di daerah bencana. Ada saja masalah susulan yang muncul. Seperti di Haiti belakangan misalnya, di mana isu keamanan mulai terasa cukup mengganggu, bahkan sampai memaksa sejumlah dokter yang seharusnya bekerja membantu para korban di rumah sakit setempat, harus meninggalkan posnya.

Sebagaimana diberitakan situs CNN, Sabtu (16/1) sore WIB, sejumlah besar korban yang cedera cukup parah hanya bisa terdiam menyaksikan para dokter dan perawat menghilang dari salah sebuah rumah sakit darurat, Jumat (15/1) malam waktu setempat. Hal itu dipicu oleh isu keamanan yang mengancam, yang menyebabkan petugas PBB berwenang menyerukan tim medis tersebut untuk meninggalkan tempat.

"Pihak perwakilan PBB tersebut mempersilakan para personil medis untuk kembali Sabtu pagi (waktu setempat)," ungkap Dr Sanjay Gupta, kepada CNN.

Gupta sendiri merupakan satu-satunya dokter yang tersisa di lokasi itu, pada Jumat (15/1) malam. Dia bertahan di sana bersama sebanyak 25 orang korban gempa, yang sebagian besar di antaranya berada dalam kondisi kritis. Gupta mengaku bisa berusaha menangani kebutuhan para pasien tersebut, namun tak memiliki suplai perlengkapan dan obat-obatan. Menurutnya, sedikit saja yang bisa ia lakukan dalam kondisi begitu.

PORT-AU-PRINCE - Begitulah keadaan yang kerap hadir di daerah bencana. Ada saja masalah susulan yang muncul. Seperti di Haiti belakangan misalnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News