Isu Polhukam di Papua Mendominasi

Isu Polhukam di Papua Mendominasi
Isu Polhukam di Papua Mendominasi
JAKARTA – Isu yang terkait dengan politik, hukum, dan keamanan (polhukam) di Provinsi Papua masih mendominasi sejumlah media massa, yakni sebesar 66 persen. Sementara isu ekonomi lebih minim sekitar 13 persen, sedangkan sosial budaya sekitar 21 persen. Demikian data yang dikeluarkan Direktorat Jenderal (Ditjen) Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) kemarin (20/9).

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Freddy H. Tulung mengatakan, peran media itu sangat strategis, tapi kalau boleh jujur, media saat ini berhenti pada tataran fakta. Padahal jangan lupa di belakang fakta itu ada persepsi dan opini. 

”Nah sekarang yang diperlukan bagaimana membangun opini yang positif. Karena fungsi media selain pemberitaan, juga mencerdaskan masyarakat,” ujarnya usai diskusi bertema ‘Peran Komunikasi Media di Ruang Publik dalam Membangun Papua Sejahtera’ kemarin. 

”Dari data yang kami terima, posisi media itu netral. Tapi bisa nggak hal-hal yang positif di-explorer, terutama di bidang ekonomi. Sejauh ini berita ekonomi hanya 13 persen. Padahal semua mengakui kekayaan Papua. Bukan berarti menenggelamkan HAM (Hak Asasi Manusia) dan segala macam. Tapi supaya ada perimbangan. Biar masyarakat tahu. Ini yang coba kita himbau,” ujarnya.

JAKARTA – Isu yang terkait dengan politik, hukum, dan keamanan (polhukam) di Provinsi Papua masih mendominasi sejumlah media massa, yakni sebesar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News