Italia Mulai Pembangunan Ulang Jembatan Morandi

Italia Mulai Pembangunan Ulang Jembatan Morandi
Jembatan Morandi di Genoa ambruk sebagian. Foto: Reuters

jpnn.com, GENOA - Jembatan Morandi di Genoa, Italia, tinggal kenangan. Kemarin, Jumat (28/6) pukul 09.37 dua tower yang tersisa dari jembatan itu dihancurkan total. Hanya butuh waktu 7-8 menit untuk membuatnya rata dengan tanah.

Sebelumnya, sekitar 4 ribu penduduk yang tinggal di sekitar lokasi dievakuasi lebih dulu. Jalan radius 300 meter dari lokasi juga ditutup.

"Semua berlangsung lancar sesuai dengan rencana," ujar Wali Kota Genoa Marco Bucci. Penghancuran jembatan tersebut disaksikan Wakil Perdana Menteri Matteo Salvini dan pejabat lokal lainnya.

Sebagian jembatan Morandi ambruk 14 Agustus tahun lalu saat hujan deras. Sebanyak 35 mobil dan beberapa truk jatuh ke sungai di bawahnya. Total, 43 orang dilaporkan tewas dalam kejadian tersebut.

Kemarin jembatan itu dihancurkan agar jembatan yang baru bisa segera dibangun. Rencananya, jembatan yang didesain arsitek Italia Renzo Piano tersebut selesai dikerjakan dan bisa dilewati pada 2020.

BACA JUGA: Ada Korupsi di Balik Ambruknya Jembatan Morandi?

Penghancuran jembatan itu sempat mundur 30 menit gara-gara ada seorang lansia yang menolak dievakuasi. Di sekitar jembatan Morandi berjejer apartemen. Rumah seorang lansia tersebut diketahui sudah kosong. Namun, ternyata dia bukannya ikut rombongan evakuasi. Tetapi, dia pindah ke gedung lain dan menonton televisi.

Beberapa penduduk khawatir dengan efek penggunaan bahan peledak untuk menghancurkan sisa-sisa jembatan Morandi. Dua tower yang dihancurkan memiliki berat 4.500 ton. Lokasi sekitar jembatan juga termasuk kawasan padat penduduk. "Saya khawatir dengan imbasnya nanti," tegasnya. (sha/c4/dos)


Jembatan Morandi di Genoa, Italia, tinggal kenangan. Kemarin (28/6) pukul 09.37 dua tower yang tersisa dari jembatan itu dihancurkan total.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News