Jadi Pembicara di Hadapan Ratusan Pelajar, Ganjar Bahas Moderasi Beragama

Jadi Pembicara di Hadapan Ratusan Pelajar, Ganjar Bahas Moderasi Beragama
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo seusai menjadi pembicara di depan ratusan pelajar. Foto source for jpnn.com

jpnn.com, MAGELANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menjadi pembicara dalam Katolisitas Istimewa bertajuk 'Beragama dalam Nalar Publik' yang digelar oleh SMA Pangudi Luhur Van Lith, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang pada Rabu (16/11).

Di hadapan siswa-siswi SMA Pangudi Luhur, Ganjar mengajarkan nilai-nilai toleransi yang harus dijunjung tinggi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Terlebih, nilai toleransi yang wajib diterapkan antar sesama teman dan lingkungan sekitar, termasuk lingkungan sekolah.

"Bagaimana dalam relasi sosial antar anak bangsa itu baik, tentu ada moderasi beragama di dalamnya. Satu mereka punya kepekaan terhadap situasi dan kondisi, kedua mereka ingin berbuat," ujar Ganjar.

Pria 54 tahun ini menuturkan pentingnya memiliki rasa persatuan tinggi melalui butir-butir yang tertuang dalam Pancasila menjadi sangat penting.

Bhinneka Tunggal Ika, kata Ganjar, jangan hanya diucapkan di mulut saja, tetapi harus dilaksanakan.

Oleh sebab itu, Ganjar mendorong para tenaga pengajar untuk mampu menanamkan nilai-nilai tersebut kepada para siswa agar mereka dapat mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Saya sampaikan kepada mereka, satu harus membawa nilai-nilai kebersamaan, persaudaraan, gotong royong. Kalau mereka sudah tahu, maka persoalan itu bisa kita diskusikan," kata Ganjar.

Ganjar mendorong para tenaga pengajar untuk mampu menanamkan nilai-nilai tersebut kepada para siswa agar mereka dapat mengamalkan Pancasila dalam kehidupan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News