Jadikan Indonesia Kiblat Fesyen Muslim

Jadikan Indonesia Kiblat Fesyen Muslim
Jadikan Indonesia Kiblat Fesyen Muslim
JAKARTA – Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menantang para perancang busana muslim tanah air untuk menjadikan Indonesia sebagai kiblat fesyen muslim dunia pada 2020. Ketua Umum PAN itu mendorong para perancang terus berkarya dengan kreativitas dan inovasi tanpa batas. Hatta yakin Indonesia punya potensi besar untuk menjadi panutan dunia di bidang busana muslim. Paling tidak bangsa ini bisa menjadi panutan dunia di tiga area penting yakni, fesyen muslim, kuliner atau halal food, dan industri keuangan syariah.

”Sebagai Menko Ekonomi saya harus katakan yes we can. Asal ada spirit di antara kita, spirit pasti bisa. Kalau ada kemauan, Insya Allah diberi jalan,” kata Hatta ketika membuka Indonesian Islamic Fashion Fair 2013 (IIFF 2013) di Assembly Hall-Jakarta Convention Center (JCC), Senayan Jakarta, Kamis (30/5).

Dia memaparkan tiga alasan mengapa begitu optimistis. Pertama, Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia. Kedua, mayoritas masyarakat muslim di Indonesia itu moderat, modern, dan demokratis. Model dan gaya busana muslim pun berkembang dinamis, selalu mengikuti perkembangan zaman, dan tidak monoton. Faktor ketiga, karena ekonomi Indonesia terus tumbuh pesat. Di tengah perekonomian yang tumbuh baik, munculah kelas menengah yang doyan belanja. Dalam berbelanja, mereka mulai memperhatikan kualitas dan bukan sekadar mencari yang harganya murah.

Jumlah kelas menengah saat ini mencapai 74 juta jiwa. Mereka membelanjakan USD 200 per bulan per orang. Dari 74 juta jiwa middle class itu, ada 20 juta jiwa yang belanjanya lebih dari USD 200 per bulan. ”Kelas menengah itu akan terus bertambah jumlahnya. Ini merupakan pasar potensial bagi industri fesyen,” kata Hatta.

JAKARTA – Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menantang para perancang busana muslim tanah air untuk menjadikan Indonesia sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News