Jadwal SNMPTN, UTBK, SBMPTN 2019, Masih Tentatif

Jadwal SNMPTN, UTBK, SBMPTN 2019, Masih Tentatif
SBMPTN. Ilustrasi Foto: dok.JPG

jpnn.com, JAKARTA - Jadwal SNMPTN 2019, ujian tulis berbasis komputer (UTBK), dan SBMPTN 2019, sudah dilansir meski sifatnya masih tentatif.

Jadwal dilansir Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), sebagai pelaksana SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN, yang hingga kemarin belum resmi dikukuhkan.

Meskipun pelaksanaan UTBK berpotensi bertabrakan dengan Ujian Nasional (Unas) 2019, siswa tak perlu khawatir.

Sebagaimana diketahui tahun depan berlaku skema baru dalam SBMPTN. Pelaksanaan ujian tidak lagi bebarengan dengan pemilihan program studi (prodi). Pada skema yang baru, ujian digelar lebih dahulu dengan nama UTBK. Kemudian berbekal nilai yang didapat saat UTBK, pelamar baru mendaftar SBMPTN.

Berdasarkan jadwal tentatif yang beredar pendaftaran UTBK dilaksanakan pada 12 Januari – 27 Maret. Kemudian ujiannya digelar pada 30 Maret sampai 26 Mei. Total ada 12 kali pelaksanaan UTBK dalam kurun waktu tersebut.

Kemudian nilai UTBK dikeluarkan pada 10 April sampai 2 Juni. Lalu pendaftaran SBMPTN 2019 secara online digelar pada 10 sampai 24 Juni. Terakhir pengumuman hasil SBMPTN disampaikan pada 9 Juli.

Sementara itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sampai saat ini belum melansir secara resmi jadwal Unas 2019. Namun sejumlah pemda, diantaranya DKI Jakarta, sudah melansir prakiraan jadwal Unas 2019. Provinsi yang dipimpin mantan Mendikbud Anies Baswedan itu memperkirakan Unas 2019, untuk semua jenjang, digelar mulai 8 April.

Jika jadwal tentatif UTBK 2019 dipadukan dengan prakiraan Unas 2019, maka pelaksanaan UTBK bertabrakan dengan jadwal unas.

Panitia sudah mengeluarkan jadwal tentatif SBMPTN 2019, yang mekanisme tahapan seleksi mengalami perubahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News