Jaga Harga Daging Sapi, Impor Dipercepat

Jangka Pendek Lebaran Aman

Jaga Harga Daging Sapi, Impor Dipercepat
Jaga Harga Daging Sapi, Impor Dipercepat
SAAT INI, harga daging sapi di Indonesia masih tinggi. Untuk menurunkan harga daging sapi, pemerintah sepakat mempercepat impor daging semester dua yang dilakukan hingga 30 September 2013. Ini dilakukan untuk mengamankan kebutuhan Lebaran pada Agustus mendatang.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan pihaknya bersama Menteri Pertanian telah mengeluarkan surat keputusan terkait pengamanan harga sapi. Beberapa poin yang disepakati yaitu, pembebasan impor daging prime cut, percepatan realisasi impor daging beku dan bakalan, dan penambahan peran Perum Bulog sebagai stabilisator daging.

"Ini langkah untuk pengamanan pada saat Lebaran dulu yang kami pikirkan. Jadi realisasi impor sapi bakalan pada bulan Juli dimajukan di bulan Juni. Sementara impor daging beku semester  dua dilakukan sampai 30 September. Untuk kebutuhan kuartal empat kami bakal evaluasi realisasi impor setelah Lebaran," terangnya saat ditemui di kantornya kemarin.

Khusus untuk lebaran nanti, lanjut Gita, Perum Bulog diizikan untuk melakukan operasi pasar. Sehingga daging impor yang diperoleh Bulog diperbolehkan masuk ke pasar tradisional. Namun saat ini jumlah kuota yang diberikan oleh Bulog belum dipastikan. Namun ia berjanji bakal mengumumkan awal bulan depan. Mengingat bulan Ramadhan jatuh pada minggu pertama bulan Juli.

SAAT INI, harga daging sapi di Indonesia masih tinggi. Untuk menurunkan harga daging sapi, pemerintah sepakat mempercepat impor daging semester dua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News