Jakarta Segera Punya Bendungan Raksasa

Jakarta Segera Punya Bendungan Raksasa
Jakarta Segera Punya Bendungan Raksasa
PEMPROV DKI Jakarta dan Pemerintah Kota Rotterdam, Belanda, resmi menjalin kerjasama sister city setelah penandatanganan Minutes of Agreement (MoA) di Balai Kota, Senin (7/2). Kerjasama yang difokuskan pada strategi pertahanan laut pesisir Jakarta itu akan dibahas lebih detail lagi di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, hari ini.

Para pakar, praktisi, baik dari Rotterdam maupun DKI didatangkan untuk mematangkan rencana pembangunan bendungan raksasa yang akan membentengi sepanjang pantai dari ancaman rob. “Fokusnya memang bagaimana merealisasikan pembangunan bendungan raksasa di pantai utara. Dari pertemuan tingkat tinggi dengan Walikota Rotterdam itu akan dihasilkan langkah apa saja yang akan diambil untuk melindungi Jakarta dari ancaman rob,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Ery Basworo.

Pertemuan yang akan digelar di ruang Timor, Hotel Borobudur itu melibatkan Wakil Menteri Pekerjaan Umum Achmad Hermanto Dardak, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Walikota Rotterdam Ahmed Aboutaleb, serta Jan Jaap Brinkman dari Jakarta Coastal Defense Strategy (JDSC). Pertemuan yang bakal berlangsung satu jam 45 menit itu diharapkan menghasilkan rekomendasi konkret untuk membangun bendungan raksasa di pantai utara Jakarta.       

Menurut Ery, opsi yang mengemuka memang belum berubah. Bendungan raksasa akan dibangun dari Tangerang hingga Jakarta. Jarak kedalamannya minus delapan meter hingga minus 15 meter dari pantai. Dengan kedalaman minus delapan meter, memang sudah cukup untuk menampung aliran air dari 13 sungai dan anak-anak sungai yang masuk ke laut, meskipun kapasitas daya tampungnya tidak sebesar jika bendungan dibangun minus 15 meter.

PEMPROV DKI Jakarta dan Pemerintah Kota Rotterdam, Belanda, resmi menjalin kerjasama sister city setelah penandatanganan Minutes of Agreement (MoA)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News