Wagub Jabar Mulung Sampah di Ciliwung

Wagub Jabar Mulung Sampah di Ciliwung
Wagub Jabar Mulung Sampah di Ciliwung
BOGOR-Pencemaran lingkungan di sungai Ciliwung semakin mengkhawatirkan. Tumpukan sampah telihat memenuhi aliran sungai tersebut. Penyumbang terbesar sampah-sampah tersebut adalah sampah rumah tangga dan limbah pabrik. Melihat itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf merasa prihatin. Mantan bintang film yang kini menjadi kepala daerah itupun kemarin turun tangan untuk memulung sampah.

Kepada para wartawan, Dede mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di bantaran sungai Ciliwung untuk tidak membuang sampah ke sungai. "Tolong jangan rusak lingkungan kita sendiri," imbaunya.

Saat memunguti  sampah, orang nomor dua di Jabar ditemani para pejabat Pemkot Bogor, aktifis lingkungan dan warga sekitar. Dede mengatakan, Pemprov Jabar sudah mengeluarkan peraturan tentang pemantauan, pengawasan, serta perlindungan daerah aliran sungai (DAS), mulai dari sungai Ciliwung, Cisadane, Citarum, dan Cimanuk.

Tugas tersebut, lanjutnya, diserahkan kepada pemerintahan masing-masing Kabupaten dan Kota. Dengan aturan itu, Pemerintah setempat dituntut untuk meningkatkan pengawasan terhadap penanggulangan sampah. "Kalau sarana prasarana pembuangan sampah tersedia, tidak ada alasan lagi bagi masyarakat untuk membuang sampah ke sungai," tandasnya.

BOGOR-Pencemaran lingkungan di sungai Ciliwung semakin mengkhawatirkan. Tumpukan sampah telihat memenuhi aliran sungai tersebut. Penyumbang terbesar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News