Jakarta-Surabaya Cuma 2,53 Jam

Jakarta-Surabaya Cuma 2,53 Jam
Jakarta-Surabaya Cuma 2,53 Jam
JAKARTA - Selain kereta jalur ganda Jakarta-Surabaya, pemerintah juga tengah merencanakan pengoperasian kereta supercepat di rute yang sama. Pemerintah optimistis proyek yang dinamakan "Argo Cahaya" itu dapat terealisasi tahun 2025 mendatang."Setelah melalui proses studi kelayakan (feasibility study), April nanti pembicaraan serius dengan kreditur Jepang mulai dilakukan.

"Kita akan buat rencana yang jelas dan rencana itu sangat masuk akal untuk direalisasikan. Sudah ada pembicaraan awal dengan pihak Jepang dengan loan (pinjaman) selama 40 tahun. Perencanaan dilakukan April tahun 2012 ini secara bertahap," ujar Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Tundjung Inderawan kemarin. Studi kelayakan proyek ini bahkan telah dilakukan sejak 2008 lalu.

Tundjung menerangkan, kereta api supercepat itu akan bisa melaju dengan kecepatan 300 kilometer per jam, tiga kali lipat dibanding kereta biasa. Dengan melayani rute Jakarta-Surabaya sepanjang 685 kilometer, maka diperkirakan dua kota itu akan bisa ditempuh selama 2 jam 53 menit. "Kereta api super cepat Argo Cahaya ini sekelas kereta Shinkansen Jepang. Proyek ini yang sangat mungkin direalisasikan, bukan proyek mimpi," tegasnya.

Proyek kereta api supercepat ini merupakan program jangka panjang yang terencana. Pendanaannya menggunakan pinjaman dari kreditur Jepang dengan jangka waktu 40 tahun. Diperkirakan pengucuran dana tersebut bisa terealisasi tahun 2015. "Atase Perhubungan kita di Jepang sedang melakukan pembicaraan untuk pertemuan selanjutnya," katanya.

JAKARTA - Selain kereta jalur ganda Jakarta-Surabaya, pemerintah juga tengah merencanakan pengoperasian kereta supercepat di rute yang sama. Pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News