Rabu, 26 September 2018 – 16:27 WIB

Jakarta Tak Masuk 23 Finalis Kota Ramah Pengendara

Rabu, 12 September 2018 – 19:29 WIB
Jakarta Tak Masuk 23 Finalis Kota Ramah Pengendara - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Fokus menurunkan angka kecelakaan di Indonesia serta terus berupaya untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat terus peduli terhadap keselamatan jalan, Adira Insurance kembali menggelar Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2018 untuk keenam kalinya.

Kegiatan penghargaan diberikan kepada kota dan kabupaten terbaik dalam hal penerapan tata kelola keselamatan jalan. IRSA merupakan rangkaian dari program corporate social responsibility Adira Insurance yang bertajuk kampanye I Wanna Get Home Safely!.

Pada tahun 2018, tercatat sebanyak 137 kota dan kabupaten yang ikut serta dalam IRSA 2018. Dari 137 peserta, terpilih 23 kota dan kabupaten finalis IRSA 2018.

23 finalis terpilih berdasarkan data-data keselamatan jalan seperti jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah kecelakaan, jumlah fatalitas kecelakaan, dan data pendukung lainnya.

Tahun ini, IRSA diselenggarakan dengan berbagai pengembangan guna meningkatkan kualitas pelaksanaan program. Antara lain perubahan metode survei kepuasan pengguna jalan.

Survei dilakukan dengan lebih memperdalam aspek kuantitatif dengan tujuan agar data yang dihasilkan semakin valid dan komprehensif. Selain itu, responden yang diwawancarai lebih banyak dengan sebaran wilayah lebih luas.

Pengembangan IRSA 2018 juga dilakukan dengan menambahkan atribut observasi seperti penerapan Smart City, pedestrian light crossing, yellow box junction, hingga pengecekan materi keselamatan jalan pada kurikulum sekolah.

Adapun penilaiannya mengacu pada lima pilar keselamatan jalan yang telah dicanangkan WHO dan diadopsi oleh banyak negara di dunia yakni manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan dan penanganan pra dan pasca kecelakaan.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar