Jaksa Agung Burhanuddin Memulai Penyidikan Kasus HAM Berat

Jaksa Agung Burhanuddin Memulai Penyidikan Kasus HAM Berat
Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kejaksaan Agung berkomitmen menuntaskan kasus dugaan pelanggaran hak asasi manusia berat. 

Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin menyatakan pihaknya akan melakukan penyidikan umum terhadap sejumlah kasus HAM berat tersebut. 

Penyidikan umum itu dilakukan untuk menyempurnakan hasil penyelidikan oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). 

Menurut Burhanuddin, hal ini merupakan salah satu upaya untuk mengatasi kebuntuan serta menyelesaikan tunggakan kasus HAM berat. 

"Saya yakin kebijakan ini akan memecah kebuntuan, dan menuntaskan perkara HAM yang menjadi tunggakan selama ini," ujar Jaksa Agung Burhanuddin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (26/11).

Dia optimistis dalam penyidikan umum ini, menuntaskan tunggakan perkara dugaan pelanggaran HAM berat.

Menurutnya, penuntasan dugaan pelanggaran HAM berat yang sampai saat ini seolah berhenti, dan tidak ada kejelasan sebagai akibat adanya kebuntuan persepsi antara penyelidik Komnas HAM dengan penyidik Kejaksaan.

Dia menjelaskan hasil penyelidikan oleh Komnas HAM belum sempurna untuk ditingkatkan ke tahap penyidikan. Namun, lanjut dia, petunjuk penyidik Kejaksaan agar terpenuhinya amanat undang-undang tidak pernah dipenuhi, sehingga penanganan perkara menjadi berlarut-larut.

Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin menyatakan pihaknya akan melakukan penyidikan umum terhadap sejumlah kasus dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News