Jaksa Florida Tangani Pembunuhan Bernuansa SARA

Jaksa Florida Tangani Pembunuhan Bernuansa SARA
Jaksa Florida Tangani Pembunuhan Bernuansa SARA
JACKSONVILLE - Kejaksaan di negara Bagian Florida, Amerika Serikat Rabu (11/4) kemarin menjatuhkan dakwaan pembunuhan tingkat dua kepada  George Zimmerman, seorang petugas keamanan lingkungan yang menembak mati seorang warga kulit hitam berusia 17 tahun di kota Sanford. Keputusan itu diambil setelah melalui kontroversi berkepanjangan selama berminggu-minggu.

Sejak penembakan terhadap Trayvon Martin yang terjadi tanggal 26 Februari lalu itu, kota kecil yang berada  400 kilometer sebelah utara Miami tersebut terus menerus dibanjiri gelombang pengunjuk rasa dan aksi simpati untuk keluarga korban. Ribuan demonstran dilaporkan telah berdemo di sedikitnya 10 kota di AS untuk mengekspresikan kemarahan mereka atas kejadian tersebut.

“Hari ini kami telah mengeluarkan keputusan untuk mendakwa George Zimmerman dengan upaya pembunuhan tingkat dua," kata jaksa penuntut umum, negara bagian Florida, Angela Corey  dalam suatu konferensi pers. Dalam sistem hukum AS, pembunuhan tingkat dua berarti tindak kekerasan yang hanya didasari niat untuk menyakiti secara fisik tanpa adanya keinginan untuk menghilangkan nyawa seseorang.

Corey yang telah menugaskan jaksa penuntut khusus untuk menangani kasus ini, mengakui bahwa kantornya telah mendapatkan banyak tekanan dari publik. Meski demikian, dia membantah keputusan untuk menangkap dan mendakwa Zimmerman diambil semata-mata karena tekanan masyarakat. “Kami merencanakan penuntutan berdasarkan fakta yang ada dan sesuai koridor hukum di negara bagian Florida,” ucapnya.

JACKSONVILLE - Kejaksaan di negara Bagian Florida, Amerika Serikat Rabu (11/4) kemarin menjatuhkan dakwaan pembunuhan tingkat dua kepada  George

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News