Jalan Zulhas

Oleh: Dahlan Iskan

Jalan Zulhas
Dahlan Iskan (Disway). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - MENDAG Zulkifli Hasan bisa mengeklaim dirinya direstui alam. Seminggu setelah dilantik menggantikan Mohamad Lutfi harga sawit dunia turun. Agak tajam.

Lutfi tidak boleh iri. Coba saja penurunan itu terjadi bulan lalu. Pemilik kaki tidak perlu berkeset di Lutfi.

Begitulah komoditas. Ia bisa naik dan turun tanpa melihat siapa yang siap jadi keset. Pun sekarang ini: tidak jelas benar mengapa harga minyak sawit begitu turun.

Baca Juga:

Perang di Ukraina belum mereda. Bebek goreng masih laris. India dan Tiongkok –pembeli terbesar minyak sawit baik-baik saja.

Lihatlah grafik ini. Begitu anjloknya harga itu –meski masih tinggi.

Akibatnya petani sawit hanya bisa menjual di bawah Rp 1.600/kg. Di banyak lokasi lebih rendah dari itu. Pun ada yang tinggal Rp 1.300/kg.

Baca Juga:

Harga internasional yang turun itu memang pukulan kedua bagi eksportir. Pukulan pertama datang dari Anda –yang disuarakan oleh Presiden Jokowi: larangan total ekspor itu. Bulan lalu.

Pengusaha minyak sawit kini memang sudah bisa ekspor. Tapi tidak banyak lagi jalan. Mereka harus memilih satu dari dua jalan ini. Inilah jalan ekspor Zulkifli Hasan –yang diaspal di zaman Muhammad Lutfi.

MENDAG Zulkifli Hasan bisa mengeklaim dirinya direstui alam. Seminggu setelah dilantik menggantikan Mohamad Lutfi harga sawit dunia turun. Agak tajam. Lutfi...

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News