Jamal Khashoggi Hilang, Bursa Saudi Terguncang

Jamal Khashoggi Hilang, Bursa Saudi Terguncang
Aktivis HAM dan rekan-rekan Jamal Khashoggi menggelar demonstrasi di depan Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Senin (8/10). Foto: Reuters

jpnn.com, RIYADH - Lenyapnya Jamal Khashoggi berimbas ke mana-mana. Bukan cuma hubungan Saudi dengan sejumlah negara yang terancam jadi berantakan, pasar saham di Negeri Petrodolar itu juga terguncang.

Indeks harga saham di bursa Saudi turun 7 persen. Itu adalah penurunan terbesar sejak Desember 2014 ketika harga minyak dunia terjun bebas.

''Ini adalah situasi politik. Pasar bereaksi negatif atas sentimen di sekitar kasus Khashoggi dan hal berbau politik di sekitarnya,'' ujar Salah Shamma, kepala investasi Franklin Templeton Emerging Markets Equity untuk wilayah Saudi.

Khashoggi masuk ke kantor konsulat Saudi di Istanbul, Turki, pada Selasa (2/10) dan sejak itu tak pernah terlihat keluar gedung.

Negeri Penjaga Dua Kota Suci tersebut berkali-kali menyatakan Khashoggi sudah keluar tapi tak pernah memberikan bukti. (sha/c22/sof)


Lenyapnya Jamal Khashoggi berimbas ke mana-mana. Bukan cuma hubungan Saudi dengan sejumlah negara yang terancam jadi berantakan


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News