Jambi Jadi Percontohan Penanganan Kawasan Kumuh

Jambi Jadi Percontohan Penanganan Kawasan Kumuh
Jambi Jadi Percontohan Penanganan Kawasan Kumuh
JAKARTA - Pemerintah daerah diminta serius dalam penanganan lingkungan kumuh berbasis kawasan. Ini dimaksudkan agar daerah bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat serta mengantisipasi munculkan lingkungan kumuh di daerah.

“Pemda harus mengantisipasi munculnya kawasan-kawasan kumuh yang ada di daerahnya masing-masing. Jangan sampai kawasan kumuh yang ada saat ini dibiarkan begitu saja tanpa ada penanganan yang serius dari Pemda setempat,” kata anggota Komisi V DPR RI, Nusyirwan Soejono.

Adanya perhatian khusus dari pemerintah pusat melalui Kemenpera terhadap penanganan kawasan kumuh, lanjutnya, juga harus segera ditindaklanjuti. Sebab, program bantuan yang diberikan Kemenpera pada dasarnya merupakan sebuah stimulan kepada Pemda agar bisa meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga lingkungannya masing-masing agar tidak kumuh.

Dia memberikan apresiasi pada Pemkot Jambi yang berhasil dalam penanganan kawasan kumuh di wilayahnya. “Apa yang sudah dilakukan Pemkot Jambi ini perlu menjadi contoh bagi daerah-daerah lain. Selain itu, Pemda harus segera menindaklanjuti program stimulan Kemenpera ini dengan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan dan bantuan yang diterima agar nyaman ditempati,” harapnya.

JAKARTA - Pemerintah daerah diminta serius dalam penanganan lingkungan kumuh berbasis kawasan. Ini dimaksudkan agar daerah bisa meningkatkan pertumbuhan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News