James Cameron Sukses Selami Laut Terdalam di Bumi

James Cameron Sukses Selami Laut Terdalam di Bumi
James Cameron Sukses Selami Laut Terdalam di Bumi
MARIANA - Sutradara film Hollywood,  James Cameron memecahkan rekor sebagai orang pertama yang berhasil menyelam secara tunggal ke bagian terdalam di lautan. Sutradara film box office  Titanic itu mampu mencapai dasar palung laut Mariana (Mariana Trench) di bagian barat Samudera Pacifik, Senin (26/3) waktu setempat.

Cameron berhasil menuju dasar samudera pada kedalaman 35.756 kaki (10.898 meter) menggunakan  sebuah kapal selam mini bernama Deepsea Challenger. Di cekungan laut itu, ia menghabiskan waktu sekitar empat jam untuk mengumpulkan gambar dan sampel hewan, lumpur dan lainnya dari kawasan yang tak terjamah itu. ‘’Ini benar-benar tempat paling terpencil, terisolir di planet ini,’’ ujarnya kepada BBC Senin (26/3).

Pembuat film Avatar ini, mengambil gambar dengan  kamera yang terpasang pada kapsul seberat 11 ton yang dikemudikannya sendiri. Sementara sampel hewan, tanah dan bebatuan diambil dengan lengan-lengan robotik yang melengkapi kapal selam sepanjang tujuh meter tersebut. ‘’Rasanya seperti sehari di pelanet lain lalu kembali (ke bumi),’’ imbuhnya.

Sebelumnya misi serupa pertama kali dilakukan 1960. Saat itu anggota angkatan laut Amerika Letnan Don Walsh dan seorang Oceanographer Swiss,  Jacques Piccard, menghabiskan  waktu 20 menit di dasar parit Mariana menggunakan sebuah perangkat selam  bernama Trieste. Kini Letnan Walsh yang berusia 80 tahun, turut membantu Cameron dalam tim engineer penyelaman ini.

MARIANA - Sutradara film Hollywood,  James Cameron memecahkan rekor sebagai orang pertama yang berhasil menyelam secara tunggal ke bagian terdalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News