Jamkrindo Berbagi Tips 'Survive' untuk UMKM, Simak Nih!

Jamkrindo Berbagi Tips 'Survive' untuk UMKM, Simak Nih!
PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) berbagi tips bagi pelaku UMKM untuk bisa bertahan di tengah kondisi pandemi Covid-19. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) berbagi tips bagi pelaku UMKM untuk bisa bertahan di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Kepala Divisi Manajemen Risiko dan Pemeringkatan UMKM, Konsultasi Manajemen (PUKM) Jamkrindo Ceriandri Widuri mengatakan pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak moneter tetapi secara keseharian.

"Aktivitas jadi terbatas. Maka perlu ada kreativitas," katanya, dalam konferensi pers virtual "UMKM Berdaya Saing Global Berkolaborasi Tingkatkan Pemulihan Ekonomi Nasional" di Jakarta, Rabu (9/6).

1. Pakai digital marketing

BUMN penjaminan kredit tersebut menyatakan UMKM harus berinovasi dengan mendekati aspek digital marketing.

"UMKM yang tidak merespons ini dan tetap menjalankan business as usual tentu akan terbebani fixed cost (dari biaya sewa) tapi pendapatannya tidak ada karena pengunjung dan mobilitas dibatasi," katanya.

Ceriandri pun mendorong UMKM untuk memanfaatkan platform digital untuk memasarkan produk mereka. Terlebih saat ini sudah banyak platform e-commerce tersedia.

2. Jaga kepercayaan konsumen

Selain itu, kata Ceriandri, untuk menjaga kepercayaan pasar, UMKM juga perlu menjaga kualitas produk. Terlebih di pasar bebas seperti saat ini, dikhawatirkan banyak pelaku usaha lain yang mungkin memproduksi barang sejenis.

"Maka perlu diciptakan keunggulan kompetitif, keunggulan produk, kemudian dipromosikan," ujarnya.

PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) berbagi tips bagi pelaku UMKM untuk bisa bertahan di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News