Jamkrindo Ramaikan Inacraft 2015, Jokowi: Ini Pameran Paling Bergengsi

Jamkrindo Ramaikan Inacraft 2015, Jokowi: Ini Pameran Paling Bergengsi
Presiden Joko Widodo saat meninjau stan-stan di pembukaan Inacraft 2015, di JCC Jakarta, Rabu (8/4). Foto: setkab

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakin kerajinan Indonesia mampu bersaing dengan negara lain. Bahkan suatu saat, akan menjadi yang terbaik. Hal ini diungkap Jokowi usai membuka pameran Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2015 di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (8/4).

Dalam ajang tersebut, puluhan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menampilkan hasil karya mitra binaannya. Salah satunya Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) yang menyajikan produk-produk unggulan dari tiga mitra binaannya berupa pakaian, sepatu dan sandal, serta kerajinan berupa miniatur alat musik dan miniatur binatang yang terbuat dari kayu.

"Ini pameran paling bergengsi untuk jenis kerajinan yang ada di negara kita,” kata Jokowi, didampingi Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, di sela-sela tinjauannya ke beberapa stand pameran di JCC Senayan.

Jokowi tampak bersemangat memelototi hasil kerajinan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang begitu beragam dan unik.

Melihat berbagai hasil kerajinan yang ditampilkan pada Inacraft ini, Jokowi yakin tak lama lagi kerajinan Indonesia bakal menjadi yang terbaik. "Ke depan seleksi bagi para peserta pameran harus lebih ketat supaya lebih meningkatkan kualitas,” katanya.

Indriati, salah satu perajin binaan Jamkrindo mengaku senang difasilitasi tampil pada pameran Inacraft 2015. Dia berharap produknya berupa miniatur alat musik bisa lebih dikenal dan mendapatkan banyak pelanggan. "Produk yang saya tampilkan ini kualitas ekspor. Setiap tahun kami mengekspor miniatur alat musik ini ke Belanda,” katanya.

Tahun ini, Indriati sedang mengerjakan pesanan 500 set miniatur alat musik berupa drum, gitar dan soundsystem untuk dikirim ke Belanda. Tahun lalu sudah 1.000 set miniatur alat musik yang diekspor. "Semua ini kami kerjakan di Bandung dengan 10 perajin saja,” katanya.

Dari Sekretaris Perusahaan Jamkrindo, Natsir mengatakan keikutsertaan mitra binaan dalam pameran ini sebagai bentuk dukungan perusahaan terhadap pengembangan UMKM. Tahun ini, Jamkrindo akan menyalurkan dana Program Kemitraan sebesar Rp 9,7 miliar. Sedangkan dana Bina Lingkungan yang akan disalurkan sebesar Rp 11,4 miliar. (adk/jpnn)


JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakin kerajinan Indonesia mampu bersaing dengan negara lain. Bahkan suatu saat, akan menjadi yang terbaik.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News