Jangan Asal, ini 7 Perawatan Kaki Diabetes

Jangan Asal, ini 7 Perawatan Kaki Diabetes
Diabetes. Ilustrasi. Foto Healthaim

jpnn.com - Kaki diabetes atau diabetic foot adalah komplikasi yang terjadi pada kaki penderita diabetes. Hal ini disebabkan oleh kadar gula darah yang meningkat dan tidak terkontrol, sehingga mengakibatkan kerusakan pembuluh darah pada kaki.

Penderita diabetes harus selalu melakukan perawatan kaki agar terhindar dari luka kaki diabetes. Berikut beberapa tips perawatan kaki diabetes:

1. Cek Kondisi Kaki Setiap Hari

Sering kali penderita diabetes tidak menyadari adanya luka di kaki mereka. Untuk itu, Anda harus mengecek kaki setiap hari untuk melihat apakah terdapat kelainan seperti kulit kaki pecah-pecah (retak), lecet, kemerahan, atau bengkak.

Anda bisa menggunakan cermin untuk menjangkau area kaki yang sulit dilihat langsung, atau meminta bantuan orang lain untuk melihatnya.

2. Cuci Kaki dengan Air Hangat

Agar kaki selalu bersih, sebaiknya cuci kaki secara rutin dengan menggunakan air hangat (jangan terlalu panas) dan sabun. Setelahnya, keringkan area kaki dan sela-sela jari kaki dengan handuk atau kain yang lembut.

3. Gunakan Krim Pelembap

Setelah kaki dibersihkan dengan air hangat dan dikeringkan, sebaiknya segera gunakan krim pelembap agar kulit kaki tetap lembap. Krim pelembap ini juga berguna untuk mencegah kaki kering serta pecah-pecah.

4. Gunakan Alas Kaki secara Rutin

Untuk menghindari luka, sebaiknya Anda selalu menggunakan alas kaki, baik di dalam rumah maupun luar rumah.

5. Potong Kuku secara Rutin dan Hati-Hati

Jaga kebersihkan kuku dengan memotongnya secara rutin. Selain itu, pastikan Anda memotong kuku tidak terlalu dalam.

Penderita diabetes harus selalu melakukan perawatan kaki agar terhindar dari luka pada kaki.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News