Jangan Asal, ini Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Jangan Asal, ini Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Asam Urat
Buah impor. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com - Asam urat merupakan penyakit yang membatasi penderitanya mengonsumsi beberapa jenis makanan untuk mencegah kondisi yang semakin parah. Tak hanya makanan tinggi purin yang harus dihindari, penderita asam urat juga perlu lebih selektif dalam memilih buah untuk dikonsumsi.

Sebab, beberapa jenis buah bisa menimbulkan dampak negatif bagi kondisi asam urat yang dialami.

Penyakit asam urat biasanya menyerang persendian. Dijelaskan oleh dr. Atika dari KlikDokter, asam urat terjadi akibat penumpukan kristal asam urat pada sendi-sendi tubuh. Menurutnya, bagian tubuh yang paling sering muncul nyeri sendi akibat asam urat adalah sendi jari jempol kaki.

Biasanya, ketika asam urat menyerang, akan timbul rasa nyeri yang mendadak disertai bengkak, kemerahan, sensasi hangat, dan rasa tidak nyaman di sendi tertentu. Jika sudah terjadi, hal ini benar-benar akan mengganggu aktivitas Anda.

"Asam urat dapat menumpuk dan membentuk kristal urat yang tajam serupa jarum di sendi atau jaringan sekitarnya. Kristal tajam tersebutlah yang kemudian menyebabkan peradangan dan menimbulkan nyeri sendi," ucap dr. Atika.

Musuh dari asam urat sendiri adalah jenis makanan yang mengandung kadar purin tinggi, seperti daging sapi, jeroan, emping, bayam, serta makanan laut. Tak hanya deretan makanan tersebut, asupan buah-buahan juga harus dikontrol karena hanya beberapa jenis buah saja yang aman untuk dikonsumsi penderita asam urat.

Kiat konsumsi buah bagi penderita asam urat

Jika Anda memiliki masalah asam urat, ada efek berbahaya yang akan terjadi jika Anda tidak menjaga pola makan dengan baik. Pasalnya, asam urat juga dapat memicu penyakit lain seperti batu ginjal.

Meski terkesan sehat, nyatanya tidak semua jenis buah ramah untuk penderita penyakit asam urat.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News